Cari Blog Ini

Selasa, 26 Mei 2015

Pengertian dan Definisi Geografi menurut para ahli (Materi Geografi SMA Kelas X KD 1)

1.   Pengertian Geografi
Pengetahuan tentang bumi telah dikenal sejak puluhan abad sebelum masehi telah mendapat berbagai macam sebutan.  Dalam Bahasa Inggris disebut  Geography yang diambil dari bahasa Yunani “Geographia”, terbentuk dari kata geo (=earth) dan grapho (=to write), jadi geografhia berarti “to write about the earth” (Matt Rosenberg, 2008). Ada yang menyebut geografi berasal dari kata geos (bumi) dan graphein (penggambaran, pencitraan). Secara harfiah geografi berarti ilmu yang mencitrakan atau menggambarkan tentang bumi.
Untuk memahami perkembangan geografi dari waktu ke waktu maka perlu diketahui beberapa definisi Geografi:
a.   Ferdinand von Richtofen (1833-1905)
Merumuskan  definisi yang pertama kali, ia mendefinisikan geografi hanya terbatas pada apa yang ada di permukaan bumi, geografi sebagai ilmu mempelajari gejala dan sifat- sifat permukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, diterangkan tentang terdapatnya gejala, sifat-sifatnya, serta hubungan timbal balik gejala dan sifat–sifat tersebut.
b.   Armin. K. Lobeck
Mengemukaan bahwa geografi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
c.    Richard Hartshorne (1959)
Geografi adalah ilmu yang menafsirkan realisme diferensiasi area muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya dalam arti perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat.
d.   SEMLOK Ahli Geografi tahun 1988 di Semarang,
Menyepakati bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
e.   Martin Kenzer (1989)
Geografi memperhatikan variasi keruangan atau lokasional pada fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.
f.     Yi-Fu Tuan (1991)
Geogafi merupakan studi tentang bumi sebagai tempat hunian manusia).
Geografi adalah studi tentang pola-pola dan proses-proses bentang manusia (built) dan bentang lingkungan (natural), dimana bentang-bentang tersebut tersusun atas komponen ruang nyata (objektif) dan ruang subjektif. Kajian utama Geografi adalah fenomena atau gejala–gejala yang terjadi di geosfer. Geosfer yang merupakan objek material studi geografi ternyata juga dipelajari oleh ilmu lain. Seperti hidrosfer dipelajari secara khusus oleh disiplin ilmu Hidrologi, biosfer dipelajari oleh disiplin ilmu biologi dengan berbagai macam cabangnya, dan spera-spera lainnya dipelajari oleh disiplin ilmu lainnya. Oleh karena itu geosfer tidak mencirikan ilmu geografi. Kajian geografi lebih dicirikan oleh sudut pandang, penjelasan dan analisis di dalam mengkaji geosfer, inilah yang disebut dengan objek formal studi geografi. Geografiwan akan mengkaji fenomena geosfer di dalam ruang menurut waktu.
Bila ruang tersebut dibedakan dari suatu tempat ke tempat yang lain maka analisisnya disebut analisis spasial. Kalau ruang terdapatnya fenomena geografis dipandang sebagai suatu kesatuan yang utuh, maka analisisnya disebut analisis ekologis. Gabungan diantara keduanya disebut analisis kompleks regional.
Sehubungan dengan geosfer yang merupakan objek material geografi, maka dengan demikian yang dipelajari di dalam geografi mencakup:
a.       Gejala – gejala alam yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.
b.      Manusia sebagai makhluk sosial yang menempati suatu ruang atau wilayah. Pada bagian ini geografi mempelajari bagaimana cara manusia mencari penghidupan di lingkungannya.
c.       Proses interaksi (saling hubungan) dan interdependensi (saling ketergantungan) antara manusia dengan lingkungannya
d. Geografi membatasi pada aspek keruangan atau kewilayahannya. Kewilayahannya tersebut dapat lokal, regional ataupun nasional yang masing- masing mempunyai ciri- ciri atau karakteristik sehingga dapat dibedakan dengan yang lainnya.

2 komentar:

  1. Top 10 ways to bet on sports toto - Sporting100
    What 청주 출장안마 is the best way to bet on 정읍 출장안마 sports toto? · Place a bet on the result of a 토토사이트 soccer match · Get a 순천 출장안마 100% bonus up to £100 · Place a 성남 출장마사지 bet on the

    BalasHapus
  2. Apa pengertian geografi menurut bahasa Inggris, dan apa asal-usul kata "geography" tersebut?
    Bagaimana Ferdinand von Richtofen mendefinisikan geografi sebagai ilmu?
    Regard Telkom University

    BalasHapus