Cari Blog Ini

Kamis, 14 Mei 2015

Definisi dan Ruang Lingkup Geografi (Materi SMA Kelas X KD I)


1.     Pengertian geografi
Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani; geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Secara harfiah, geografi berarti tulisan tentang bumi. Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi seperti penduduk, fauna, flora, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tersebut.
Ilustrasi Objek Kajian Geografi
Di Indonesia, batasan pengertian geografi dirumuskan dalam Seminar dan Lokakarya di Semarang tahun 1988. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfera dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan. Beberapa definisi geografi yang lain
menurut para ahli adalah sebagai berikut
1.    Menurut Bintarto, Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menceritakan (to describe), menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala-gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
2.    Menurut Daljoeni, Geografi yaitu uraian tentang bumi dengan segenap isinya yakni manusia ditambah dengan dunia hewan dan dunia tumbuh-tumbuhan.
3.    Preston E. James berpendapat bahwa, “Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing

2.    Ruang lingkup geografi
Rhoad Murphey, dalam bukunya “The Scope of Geography”, mengemukakan 3 (tiga)pokok ruang lingkup study geografi, yaitu sebagai berikut :
1) Geografi mempelajari persebaran dan relasi umat manusia di permukaan bumi. Selain itu, juga mengkaji aspek keruangantempat hidup manusia serta bagaimana manusia memanfaatkannya.
2) Geografi mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik (alam) sebagai bagian studi keanekaragaman wilayah.
3) Geografi mempelajari kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai ciri khusus.Dari uraian tersebut diatas, jelaslah bahwa ruang lingkup geografi tidak terlepas dari aspek alamiah dan aspek manusia (manusiawi)
Pengertian lingkungan pada geografi tidak hanya terbatas pada pengertian lingkungan alam, tetapi juga pada lingkungan yang dihasilkan manusia.

Secara garis besar, kajian geografi dapat dibedakan menjadi dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya.  Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebaginya.

Berdasarkan teori lingkungan hidup, permukaan bumi dapat dikelompokkan menjadi tiga lingkungan, yaitu sebagai berikut.
1.  Lingkungan fisik, adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa benda tak hidup, misalnya tanah, udara, air, dan sinar matahari.
2.   Lingkungan biologis, adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk hidup, seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, dan manusia itu sendiri  
3.  Lingkungan sosial, adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berwujud tindakan atas aktivitas manusia, baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun interaksi antarmanusia

3 komentar: